Kisruh Plt. Sekda Nias Utara Dipastikan Mengganggu Pembahasan APBD Tahun 2018

0
123
Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara, Drs. Foanoita Zai

NIAS UTARA – METRO REPUBLIK.COM.  Kisruh tentang Pelaksana Tugas (Plt) Sekda di Kabupaten Nias Utara akhir-akhir ini mengganggu kinerja Pemerintah Daerah. Hal itu diungkapkan Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara, Drs. Foanoita Zai kepada wartawan saat ditemui dikantornya, Senin (6/11/2017).

Foanoita mengatakan, dengan turunnya rekomendasi KASN yang meminta Bupati Nias Utara untuk mengusulkan pemberhentian ASN an. Drs. Fonaha Zega kepada Presiden melalui BKN, maka posisi yang bersangkutan sebagai Plt. Sekda Nias Utara sekaligus sebagai Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) memunculkan keraguan, ketidakpastian dan keresahan ditengah-tengah masyarakat. Sehingga dapat dipastikan agenda-agenda pemerintah ke depan ini dapat terganggu.

” Dengan tidak jelasnya status yang disandang Drs. Fonaha Zega, maka legalitas pembahasan APBD ke depan ini dipastikan terganggu,” kata Foanoita

Sehingga atas kejadian ini, Lanjut Foanoita, Lembaga DPRD mengingatkan Bupati Nias Utara untuk segera menuntaskan hal ini agar tidak berlarut-larut.

” Kita sebagai lembaga DPRD mengingatkan Bupati agar segera menuntaskan hal ini. Jangan dibiarkan berlarut-larut. Masalah ini jelas-jelas membuat citra Pemkab Nias Utara buruk di mata publik,” kesal Politisi Partai Demokrat ini.

Lebih Lanjut, Foanoita menegaskan, Jika hal ini tidak direspon oleh Bupati Nias Utara. Maka pihaknya akan melakukan langkah-langkah fungsi pengawasannya.

” Lebih cepat lebih baik, saudara Bupati harus sesegera mungkin menyelesaikan persoalan ini. Jika tidak direspon, maka Lembaga DPRD akan melakukan langkah-langkah fungsi pengawasannya,” tegasnya

Sebelumnya diberitakan dibeberapa media, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) mengeluarkan surat rekomendasi kepada Bupati Nias Utara dengan Nomor : B-2782/KASN/2017 tertanggal 31 Oktober 2017 agar mengajukan kepada Presiden melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) pemberhentian ASN an. Drs. Fonaha Zega.

Dalam suratnya, KASN memberikan waktu kepada Bupati Nias Utara selama 1 bulan untuk menindaklanjuti rekomendasi tersebut.

Sementara itu, Kabag Humas Kabupaten Nias Utara, Yuni’aro Zega, S.Pd saat ditanyakan perihal surat rekomendasi KASN dimaksud. Ia menyebutkan, Surat tersebut belum diterima oleh Bupati Nias Utara.

” Hingga saat ini surat rekomendasi dari KASN terkait pemberhentian Drs. Fonaha Zega belum sampai ke kita dan juga kepada Pak Bupati. Apabila nanti kita sudah menerima, pasti akan kami informasikan kepada rekan-rekan,” ujar Yuni’aro kepada wartawan saat dikonfirmasi via seluler, Senin (6/11/2017).(tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here